Selasa, 07 Juni 2016

Karimunjawa - Jepara, Jawa Tengah

Peta Wisata Karimunjawa
Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur/samar-samar) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, diantaranya : Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, Genting, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Geleyang, Gundul dan masih banyak yang lainnya.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak dengan dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.
Selain Snorkling dan Diving untuk melihat keindahan Taman Laut, juga terdapat tempat-tempat pariwisata lainnya yaitu : Legon Lele, Kolam Hiu, Tracking Hutan Mangrove, Pantai Batu Karang Pengantin, Pantai Ujung Gelam, Pantai Barakuda, Pantai Nirwana dan lain-lain.

Transportasi umum yang tersedia untuk saat ini adalah menggunakan kapal. Untuk keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas – Semarang, menggunakan Kapal Cepat KARTINI I dengan lama penyeberangan 2-3 jam ( tergantung cuaca atau ombak di laut Jawa ) sedangkan untuk keberangkatan dari Pelabuhan Pantai Kartini – Jepara, terdapat 2 kapal yaitu :
1.  Kapal Cepat CANTIKA ; lama penyeberangan ± 2 jam
2.  Kapal MURIA ; lama penyebrangan ± 6 jam
           *  Untuk Kapal MURIA dapat membawa serta mobil atau motor sampai ke Karimunjawa.
Transportasi jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani - Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat sewa jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai, dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.


Sumber : Wikipedia & Pemkab. Jepara

Untuk paket wisata ke Karimunjawa, silahkan baca disini

tulis komentar 0 komentar:

tambah komentar